semangat

semangat

Sabtu, 26 November 2011

PENGERTIAN STUDI ISLAM

Studi islam ( Dirasah Islamiyyah ) adalah serangkaian aktifitas – aktifitas dan program-program pengkajian dan penelitian terhadap agama yaitu yang dikhususkan dalam agama islam. Aspek ajaran islam ini dapat disimak dari dialog - dialog antara nabi muhammad dan jibril yang melahirkan aspek rukun islam, rukun iman, dan ihsan. Berdasarkan definisi para ulama mengelompokkan ajaran islam menjadi tiga kelompok besar yakni akidah, Shari’ah dan Akhlak-tasawuf.
Akidah ( theology ) merupakan keyakinan dalam beragama yang hal ini berhubungan dengan rukun iman, sedangkan Syari’ah adalah hukum-hukum yang ditetapkan Allah yang dibawa oleh beberapa nabi baik yang berkaitan dengan tata cara amaliyah maupun tata cara keimanan. Adapun Akhlak dapat dipahami sebagai hubungan sosial manusia dengan alam sekitarnya, akhlak dapat juga disebut dengan ihsan.
Studi islam secara harfiyah adalah kajian tentang hal-hal yang berkaitan dengan keislaman makna ini sangat umum karena segala sesuatu yang berkaitan dengan islam dikatakan studi islam. Oleh karena itu perlu ada spesifikasi pengertian terminologis tentang  studi islam dalam kajian ini yaitu kajian secara sistematis dan terpadu untuk mengetahui, memahami dan menganalisis secara mendalam hal-hal yang berkaitan dengan agama islam baik yang menyangkut sumber-sumber ajaran islam ,pokok-pokok ajaran islam, sejarah islam, maupun realitas pelaksanaannya dalam kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar